Cara Mandi yang Benar untuk Kesehatan

Cara Mandi yang Benar untuk Kesehatan

Sebagai seseorang yang normal kita membutuhkan mandi untuk membersihkan kuman dan aroma tidak sedap yang ada. Namun sudah benarkan cara mandi yang Anda lakukan setiap harinya.

Menurut sebuah studi, manusia dewasa menghabiskan waktu mandi sekurang-kurangnya 4.000 jam. Kemungkinan waktu tersebut jauh lebih lama dibandingkan waktu menonton, berolahraga,dan membaca buku. Namun demikian, apakah cara mandi Anda sudah benar?

Mandi pagi hari dipercaya dapat meningkatkan semangat seseorang untuk beraktivitas. Selama cara yang Anda terapkan benar dan tepat.

Jika mandi air hangat direkomendasikan pada waktu malam untuk memudahkan Anda tertidur, maka air dingin dianjurkan pada pagi pagi untuk “membangunkan” dan “memanaskan” syaraf yang telah beristirahat selama delapan jam atau lebih.

Salah satu terapi mandi yang sudah terbukti ampuh dalam mendongkrak semangat dan energi di pagi hari adalah terapi mandi kombinasi air hangat dan dingin. Rahasianya ada pada sensasi hangat dan dingin yang terpapar pada kulit tubuh  Anda.

Apabila Anda berminat untuk mengaplikasikan terapi mandi kombinasi air hangat dan dingin ini, Anda harus melakukannya selama 90 detik. Jadi, usai membersihkan tubuh secara menyeluruh, mulai dari cuci muka, sikat gigi, keramas, dan sabunan, baru Anda terapkan terapi tersebu.

Selama 30 detik biarkan diri Anda tersiram air pancuran dengan suhu paling dingin, bila Anda ingin berteriak, lakukanlah. Kemudian, ubah suhu air menjadi hangat atau panas sesuai kemampuan tubuh Anda selama 30 detik. Terakhir, kembalikan suhu air menjadi sangat dingin dan bertahanlah 30 detik.

Menurut Phil Dumontet, Founder dan CEO Dashed, cara ini sangat ampuh dalam melancarkan peredaran darah dan menstimulasi energi agar siap untuk beraktivitas. Pastikan Anda selalu mengakhiri terapi ini dengan air dingin,

Terapi kombinasi air hangat dan dingin ini telah diaplikasikan selama ribuan tahun di Finlandia. Negara yang memiliki 2 juta tempat sauna dengan populasi penduduk sebanjak 5 juta orang ini, mengakui bahwa 99 persen warga Finlandia mengatakan bahwa terapi ini terbilang mujarab dalam meredakan stres, dan seharusnya dilakukan sebanyak satu kali dalam seminggu.      

0 komentar:

Posting Komentar

Blognya Rava Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger