Sabtu, 14 April 2018

Tipe Mesin Penyablonan untuk Sablon Kaos dengan Cara Digital

Tipe Mesin Penyablonan untuk Sablon Kaos dengan Cara Digital

Tingginya minat konsumen terhadap baju kaos membuat munculnya alat produksi sablon kaos dengan menggunakan cara digital. Keberadaan sablon digital untuk menghasilkan kaos dengan desain yang menarik membuat kreativitas pembuatan kaos menjadi semakin tinggi. Berikut ini mesin dan alat yang dibutuhkan untuk sablon dengan cara digital.

Apa Saja Mesin yang Dipakai untuk Sablon dengan Cara Digital?

Pertama, tipe mesin yang digunakan adalah mesin cutting sticker atau mesin plotter. Mesin ini merupakan mesin yang digunakan untuk memotong stiker. Selain itu, juga digunakan untuk memotong bahan seperti polyflex, sticker umum, vinyl, stensil, cutting sticker, polyflock, skotlet, sandblast dan lain-lain.

Tipe mesin ini sangat popular di dunia dalam berbagai usaha digital. Pada umumnya mesin ini digunakan untuk pemotongan stiker motor, nama pada baju, nomor punggung jersey sticker mobil, logo pada seragam, dan sejenisnya.

Jenis mesin kedua yang digunakan dalam penyablonan dengan cara digital adalah mesin hot press atau heat press. Mesin ini merupakan mesin pemanas yang selalu digunakan pada sistem sablon digital. Mesin hot press memiliki elemen pemanas yang berkualitas untuk mempermudah  keperluan Anda dalam usaha sablon digital.

Mesin ini berfungsi sebagai pengering hasil cetakan sablon yang dibuat sehingga hasil print kaos lebih merekat kuat yang disebut juga dengan istilah cutting polyflex/polyflock.  Fungsi lain dari mesin ini adalah untuk mentransfer hasil tinta atau media pada kaos yang disablon. Berguna untuk menepelkan bahan yang berbeda pada kaos atau disebut dengan istilah transfer paper.

Apakah Alat Pendukung Lain yang Diperlukan?

Alat pendukung lain yang diperlukan dalam proses sablon yaitu komputer. Fungsi komputer yaitu untuk membuat atau mengedit design serta berguna sebagai driver atau untuk menggerakkan software mesin.

Printer inkjet juga berperan penting dalam proses sablon yang digunakan untuk cetak hasil desain dari komputer. Printer inkjet juga berfungsi sebagai alat pendukung untuk sablon yang perlu dilakukannya transfer paper. Ada pun tinta yang umum dipakai pada printer inkjet ini adalah tinta pigment.

Alat pendukung ketiga yang diperlukan adalah printer DTG (Direct to Garment). Alat yang dipakai untuk membuat sablon ke bahan kaos dengan system printing yang cara kerjanya seperti mesin printer kertas. Mesin sablon DTG digunakan untuk membuat bahan kaos yang menggunakan bahan kain cotton combite.

Saat ini mesin DTG merupakan mesin yang sedang populer di dalam usaha sablon kaos digital. Hal ini dikarenakan cara kerja mesin ini sangat efisien dan efektif sehingga menghabiskan cost produksi yang cukup minim.  

Jasa sablon sangatlah banyak. Persaingan yang ada juga cukup ketat. Jika Anda tidak cermat dan bijak, maka produksi sablon Anda akan menurun drastis sehingga membuat Anda gulung tikar. Agar hal itu tidak terjadi Anda perlu melakukan banyak inovasi pada jenis sablon dan juga mencari solusi untuk bisa meminimalkan biaya operasional percetakan. 

0 komentar:

Posting Komentar

Blognya Rava Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger