Sabtu, 24 Maret 2018

6 Cara Merawat Pompa Air Dengan Mudah Dan Tepat

6 Cara Merawat Pompa Air Dengan Mudah Dan Tepat

Punya mesin pompa air? ingin tetap awet dan tahan lama digunakan? Tentu ingin dong! 

Daripada harus sering membeli pompa air yang baru, lebih baik jika melakukan perawatan pompa yang ada agar bisa berfungsi seperti biasanya. Apalagi sekarang harga pompa air semakin mahal, sayang dong dengan uang anda! Nah, selain dapat menggunakan jasa service pompa air untuk menangani berbagai masalah yang terjadi dengan pompa, sebenarnya ada cara lain yang bisa anda lakukan agar pompa air tetap terjaga dengan baik. Ini dia cara merawatnya:

1. Apakah anda menempatkan beberapa steker dalam stop kontak pompa? Jika ya, sebaiknya jangan lakukan hal ini lagi karna dapat berakibat pada beban listrik yang lebih besar. Penempatan steker yang terlalu banyak juga dapat berakibat pada timbulnya panas serta berisiko terjadinya kebakaran atau korsleting listrik.

2. Jika anda meletakkan pompa air, sebaiknya tempatkan pada posisi dimana pompa air terlindung dari sinar matahari, hujan, percikan atau genangan air. Mesin pompa air yang sering terkena sinar matahari langsung menyebabkan cepat berkarat. Seperti kita ketahui, memang banyak komponen pompa air yang terbuat dari bahan besi sehingga salah satu masalah yang sering terjadi pada bahan ini ialah karat. 

3. Apabila sumber air sedang kering atau surut, sebaiknya untuk sementara waktu tidak mengoperasikan mesin pompa air. Pompa air yang bekerja di saat sumber sedang kering hanya akan membuat mesin pompa rusak. Selain itu, dikhawatirkan masuknya benda asing seperti kerikil atau batu ke dalam mesin atau saluran pompa.

4. Jika sumber air merupakan daerah berpasir dan air yang dihasilkan tercampur dengan pasir halus, sebaiknya lengkapi pompa air dengan saringan pasir. Dengan demikian, pasir tidak akan ikut tercampur dalam air dan tentu saja air bisa jadi lebih bersih dan jernih.

5. Jangan menyalakan pompa air terlalu lama misalnya hingga 5 jam lebih. Saat menyalakan pompa air, minta orang lain untuk mengingatkan bahwa jika pasokan air dirasa sudah cukup, segera matikan pompa air.

6. Jika mengalami gangguan pada pompa air, hindari untuk membongkarnya sendirian, terlebih jika anda memang tidak memiliki keahlian memperbaiki pompa air. Hal ini bisa berakibat pada semakin rusaknya pompa. Ada baiknya untuk memanggil tukang jasa service pompa air saja, karna lebih berpengalaman dan mengetahui bagian mana dari pompa yang bermasalah.

Itu tadi 6 cara merawat pompa air yang bisa anda terapkan di rumah agar pompa air milik anda tetap awet terjaga dan berfungsi dengan baik. Semoga informasi yang saya bagikan pada artikel ini dapat bermanfaat untuk pembaca sekalian, salam!

0 komentar:

Posting Komentar

Blognya Rava Copyright © 2011 -- Template created by O Pregador -- Powered by Blogger